MATERI SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL
MATERI 1
MICROSOFT POWERPOINT
Microsoft PowerPoint adalah software yang dipakai untuk
merancang bahan presentasi dalam bentuk slide. Menurut Susilana, PowerPoint
merupakan program aplikasi presentasi dalam komputer. Dengan bantuan software
tersebut, seseorang bisa membuat bentuk presentasi profesional dengan mudah
dimana presentasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran. Dennis
Austin dan Bob Gaskins adalah dua orang yang pertama kali mengembangkan program
ini. Kala itu, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai presenter oleh perusahaan
Forethought. dan kemudian namanya diubah menjadi PowerPoint. PowerPoint menjadi
aplikasi Microsoft Office yang paling banyak digunakan selain Microsoft Word
dan Excel.
KELEBIHAN MS POWERPOINT
1) Memudahkan
Pengguna Membuat Slide Presentasi
2) Dilengkapi
Beragam Tools
3) Template
Bervariasi
4) Dapat
Diexport ke PDF
5) Memiliki
Fitur Kolaborasi
6) Terdapat
Fitur Cloud Service
7) Fitur
Authoring Sangat Advanced
KEKURANGAN MS POWERPOINT
- Hanya
Bisa Digunakan Pada Platform Microsoft
- Ketidakstabilan Dokumen Pada
Tiap Versi
- Harga
Terlalu Mahal
- Tergolong
Program yang Berat
RIBBON HOME
• New
Slide : Menyisipkan
slide yang baru.
• Layout
: Menentukan tata letak slide
• Font
: Memilih jenis huruf
• Font
size :
Memilih ukuran huruf
• Grow
font : Menaikkan
atau memperbesar ukuran huruf (karakter)
• Shrink
font : Menurunkan nilai
ukuran atau nilai karakter
• Clear
Formatting : Menghapus format yang telah dikenakan pada teks
• Bold
: Memberikan efek cetak tebal
• Italic
: Memberikan cetak miring
• Underline
: Menampilkan cetak garis bawah
• Strikethrough
: Menampilkan cetak coret dengan garis tunggal
• Shadows
: Memberi efek bayangan pada huruf atau teks
• Character
Spacing : Mengatur jarak antar karakter
• Change
Case : Mengubah huruf dengan fasilitas Case
• Font
Colour : Memberi warna pada huruf
yang dipilih
• Quick
Styles : Memilih bentUk tampilan objek yang
telah tersedia
• Shape
fill :
Memberi warna pada objek
• Shape
Outline : Memberi warna pada bingkai objek
• Shape
effects : Memberi efek pada objek
RIBBON INSERT
• Table
: Membuat atau menempatkan table pada slide
• Picture
: Menyisipkan gambar pada slide presentasi
• Clip
Art
: Menyisipkan gambar pada slide presentasi
• Shapes
: Membuat bentuk, guna melengkapi slide presentasi agar terlihat lebih menarik
dan indah
• Smart
art
: Menampilkan visualisasi dalam bentuk diagram
• Chart
: Menyisipkan dan menempatkan grafik dalam slide
• Hyperlink
: Menghubungkan antara satu bagian dengan bagian yang lain
• Text
box
: Menyisipkan teks yang secara langsung tidak dilengkapi dengan bingkai
• Header
and Footer : Menempatkan atau menyisipkan footer dan nomor halaman pada slide
• Word
art
: Membuat variasi teks dengan tampilan lebih menarik
• Date
and Time : Menempatkan atau menyisipkan
tanggal dan waktu pada slide
• Movie
: Menyisipkan movie pada slide
• Sound :
Menyisipkan suara pada slide
RIBBON DESIGN
• Page
setup :
Mengatur ukuran slide
• Slide
Orientation : Mengatur orientasi slide
• Themes
: Menampilkan slide presentasi lebih menarik
• Background
Style : Mengatur atau memilih motif latar belakang pada slide
RIBBON ANIMATION
• Preview :
tombol ini dipergunakan untuk melihat hasil dari animasi yang Anda berikan
untuk slide Anda.
• Animations
: Anda dapat memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari
animate dan custom animations.
• Transition
to This Slide : untuk memeberikan slide pada perpindahan slide yang Anda
buat.
RIBBON SLIDE SHOW
• From
beginning : Menjalankan slide mulai dari posisi
awal hingga akhir slide
• From
current slide : Menjalankan slide mulai dari slide aktif atau slide yang
sedang dipilih hingga akhir slide
• Custom
slide show : Mengatur sendiri urutan slide presentasi sesuai dengan keinginan
• Set
up slide show : Mengatur tampilan slide
• Hide
slide
: Menyembunyikan atau menampilkan slide yang diinginkan
• Rehearse
Timings : Mengatur lamanya tampilan slide dengan menggunakan
waktu tertentu sehingga slide disajikan tepat waktu sesuai dengan waktu yang
telah ditentukan
RIBBON REVIEW
• Proofing
: digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis yang Anda buat di
slide.
• Comments
: Anda bisa memberikan catatan pada slide yang Anda buat.
• Protect
: Anda bisa menggunakannya untuk melindungi slide presentasi yang Anda buat
RIBBON VIEW
•
Normal
: Menampilkan secara lengkap outline presentasi, isi slide dan catatan pada
slide tersebut
•
Slide Sorter : Menampilkan secara keseluruhan
dari slide yang Anda buat dalam bentuk miniature
•
Notes Page : Menampilkan slide lengkap dengan
catatan atau keterangan tambahan dari setiap slide. Catatan ini digunakan untuk
membantu dalam memberikan penjelasan dari setiap point atau bagian pada
slide
•
Slide Master : Menempatkan dan menambahkan
sesuatu, baik teks maupun objek yang akan ditempatkan pada setiap slide yang
akan dibuat
•
Ruler :
Menampilkan atau menyembunyikan garis tabulasi
•
Zoom
: Menentukan pengaturan ukuran jendela kerja
•
Fit to Window : Menentuan tampilan slide
presentasi dengan tampilan menyesuaikan dengan jendela Power Point
RIBBON FORMAT
•
Adjust
: Menghasilkan tampilan objek gambar yang lebih menarik
•
Picture styles : Memilih gaya tampilan objek
gambar
Crop : Memilih bagian tertentu pada objek gambar tersebut
Crop : Memilih bagian tertentu pada objek gambar tersebut
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
KEWARGAAN DIGITAL
Kewargaan digital adalah norma perilaku jujur, bertanggung
jawab, dan peduli terkait dengan pemanfaatan Informasi dan Teknologi Komunikasi
(ICT) secara bersama. Kewargaan digital adalah konsep yang memberikan
penyadaran penggunaan teknologi informasi di dunia maya secara bertanggung
jawab dengan baik dan benar. Hal ini memiliki banyak implikasi, di antaranya
pemilihan kata yang tepat dalam berkomunikasi, tidak menyinggung pihak lain
dalam memutakhirkan (update) status, tidak menyebarkan ujaran kebencian dan
SARA, tidak membuka tautan yang mencurigakan, dan sebagainya.
Konsep Kewargaan Digital
Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat menghindari diri dari kebergantunganpada orang lain. Setiap kali seseorang berinteraksi dengan orang lain, dia harus menjaga
etika bersosialisasi. Dalam kehidupan nyata, seseorang wajib menghormati privasi, hak,
dan kewajiban, serta kepantasan atau norma yang berlaku. Perilaku serupa wajib diterapkan
saat menggunakan teknologi komunikasi dalam jaringan (daring).
Berdasarkan tindakannya kategori warga digital dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :
•Memberikan dampak positif bagi orang lain •Menimbulkan efek negatif
Gangguan Teknologi Informasi
1.Back door 2.Trojan horse
3.DoS (Denial of Service)
4.Virus
Menggunakan Internet dengan Aman
a. Lindungi perangkat dan akun terhadap upaya orang lain secara ilegal yang dapat merugikan dengan cara sebagai berikut. •Perbaharui perangkat lunak (termasuk web browser) secara otomatis.
•Pasang antivirus dan perangkat lunak antispyware.
•Jangan pernah mematikan firewall.
•Jika membagikan wirelless, gunakan password.
•Gunakan flash drive dengan hati-hati.
•Pertimbangkanlah sebelum membuka lampiran atau alamat/situs tertentu yang dikirimkan melalui e-mail atau pesan singkat jejaring sosial, meskipun mengetahui pengirimnya.
•Kuncilah ponsel dengan password/pin untuk mencegah orang lain membuat panggilan, SMS, atau mengakses informasi pribadi.
b. Jadilah seorang yang baik •Kuncilah ponsel dengan password/pin untuk mencegah orang lain membuat panggilan, SMS, atau mengakses informasi pribadi.
•Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan.
•Bersimpatilah terhadap teman-teman, jangan hanya menjadi pengamat.
•Jangan membagikan informasi pribadi orang yang dikenal tanpa izin mereka,
•misalnya rekan dan anggota keluarga.
c. Berbagilah dengan hati-hati
d. Bergabung dengan cerdas, jujur, dan berhati-hati
Macam-macam Intimidasi :
Intimidasi (Bullying) adalah perilaku agresif yang tidak diinginkan di kalangan anak usia sekolah yang melibatkan ketidakseimbangan kekuatan. Intimidasi mencakup tindakan seperti membuat ancaman, menyebarkan informasi palsu, menyerang seseorang secara fisik atau verbal, dan mengucilkan seseorang dalam kelompok. Perilaku ini diulang, atau berpotensi untuk diulang, dari waktu ke waktu kepada korban yang dianggap lemah.
yaitu dengan mengatakan atau menuliskan suatu hal yang bermakna tertentu. Intimidasi verbal meliputi menggoda, memberikan panggilan nama, mengomentari yang tidak pantas, mengejek, dan mengancam.
Intimidasi sosial
yang terkadang menyakiti reputasi atau hubungan seseorang. Intimidasi sosial meliputi meninggalkan seseorang dengan sengaja, mengatakan kepada siswa lain untuk tidak berteman dengan seseorang, menyebarkan rumor tentang seseorang, dan memalukan seseorang di depan umum.
Intimidasi fisik
yaitu perbuatan menyakiti tubuh atau harta benda seseorang. Intimidasi fisik meliputi menekan/menendang/menjepit/mendorong, meludah, mengambil atau menghancurkan barang seseorang, dan gerakan lainnya dengan kasar yang disebabkan anggota tubuh.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Meskipun konten CC tidak dikenakan biaya ketika digunakan, tetapi harus mengikuti aturan-aturan tertentu. Orang-orang yang memilih menggunakan CC dapat memilih salah satu atau lebih dari lisensi ini berlaku untuk pekerjaan mereka.•Non Commercial: tidak boleh membuat keuntungan dari konten.
•No Derivatives: tidak boleh mengubah konten.
•Share Alike: dapat mengubah konten, tapi harus membiarkan orang lain menggunakan karya baru dengan lisensi yang sama seperti aslinya. Dengan kata lain, tidak dapat menetapkan hak cipta, meskipun banyak yang diubah
•Bebas digunakan ulang dengan modifikasi: Memungkinkan Anda untuk menggandakan dan menyebarkan kembali, sekaligus mengubah dan menggubah gambar yang ditampilkan.
•Secara non-komersial: Ciptaan yang menerapkan ketentuan ini tidak dapat Anda gunakan dalam aktivitas komersial.
•Pengingat: Jangan lupa untuk menerapkan Atribusi yang sesuai pada setiap penggunaan gambar. Atribusi merupakan kewajiban pengguna gambar untuk memenuhi hak moral pencipta gambar. Yaitu kewajiban untuk menyebutkan nama, sumber, dan ketentuan lisensi atau “Hak Penggunaan” yang diterapkan pada gambar. Ketentuan ini berlaku pada setiap jenis “Hak Penggunaan” gambar, dan berlaku tanpa batas waktu.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Akses digital (digtal acces)
Setiap manusia sudah seharunya memiliki hak yang sama dalam mengakses fasilitas informasi teknologi. Namun kemudian, setiap pengguna teknologi informasi dan komunikasi harus menyadari bahwa tidak setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam memanfaatkan teknologi informasi, Belajar menghargai hak setiap individu untuk mengakses teknologi informasi, serta sama sama mendukung untuk mencapai kesamaan hak dan ketersediaan fasilitas teknologi informasi adalah dasar dari kewargaan digital.
Transaksi Digital (Digital Commerce)
Warga digital harus menyadari proses jual beli tsudah dilaksanakan secara online. Berbagai situs jual-beli online lokal dapat dengan mudah diakses oleh penjual dan pembeli, seperti blibli.com, tokopedia.com, kaskus.co.id, berniaga.com, dan berbagai toko online lainnya.Dalam jual beli online, penjual dan pembeli perlu menyadari resiko dan keuntungan yang didapat dari jual beli online, mulai dari resiko penipuan, tidak sesuainya barang yang dikirim, lamanya pengiriman barang, hingga legalitas barang yang diperjual belikan. Warga digital harus mengetahui bagaimana menjadi pembeli maupun penjual online yang baik.
Komunikasi Digital (Digital Communication)
Dalam lingkungan pendidikan, akademis, atau lingkungan kerja dan masyarakat awam nantinya, komunikasi adalah kewajiban yang wajib dilakukan setiap individu agar dapat bertukar informasi dan gagasan. Komunikasi mampu dilakukan baik itu satu arah, dua arah, antar pribadi ataupun komunikasi dalam forum.Perkembangan teknologi digital sudah mengubah sikap manusia pada saat berkomunikasi. Berbagai bentuk komunikasi digital telah ada, seperti penggunaan email, sms, chatting, forum dll.
Digital Hukum (Law Digital)
Dunia pendidikan sudah mencoba untuk mengabungkan teknologi digital ke dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa bisa menggunakan teknologi digital untuk mencari informasi dan bertukar informasi. Namun faktanya, teknologi yang dipakai dalam dunia kerja agak berbeda dengan yang teknologi yang ada di sekolah.
Hak Digital (rights
& responsibility Digital)
Sama seperti perlindungan hak asasi di dunia nyata, semua warga digital juga mempunyai perlindungan hak di dunia digital. Setiap warga digital memiliki hak atas privasi, kebebasan berbicara, dll. Hak tersebut sudah semestinya dipahami oleh semua warga digital.Dengan adanya hak tersebut, maka warga digital juga mempunyai beberapa kewajiban yang harus dipenuhi. Warga digital dianjurkan membantu pemanfaatan teknologi informasi secara tepat dan benar, mengikuti tata krama yang ada, baik yang tersirat maupun tersurat. Contohnya adalah: tidak melakukan pembajakan konten, lekakukan kopas, tidak menyebarkan informasi palsu (hoax), tidak memancing emosi pengguna lainnya, tidak menyebarkan kata-kata berbau sara, dll.
Digital Etika ( Etiquette Digital)
Seringkali pengguna Teknologi Digital tidak peduli dengan etiket penggunaan teknologi, tetapi langsung menggunakan produk tanpa mengetahui aturan serta tata krama penggunaannya. Etiket Digital dibuat dengan tujuan untuk menjaga perasaan dan kenyamanan pengguna lainnya. Namun peraturan saja tidak cukup. Seringkali para pengguna tidak mengetahui aturan tersebut, ataupun malas membaca peraturan. Kita juga harus mengajarkan setiap pengguna Teknologi Digital untuk bertanggungjawab dalam pemanfaatan teknologi.
Kesehatan Digital (Health Digital)
Di balik manfaat teknologi digital, ternyata ada juga beberapa ancaman kesehatan yang perlu diperhatikan oleh warga digital, seperti kesehatan mata, telinga, tangan, bahkan keseluruhan badan. Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga ikut terancam jika warga digital tidak mengatur penggunaan teknologi digital.
Keamanan Digital (Security Digital)
Dalam setiap komunitas terdapat individu yang mencuri karya, merusak, ataupun mengganggu individu lainnya. Meskipun tidak boleh berburuk sangka, kita tidak dapat mempercayai seseorang begitu saja, karena hal tersebut akan beresiko terhadap keamanan kita. Hal ini berlaku juga dalam Dunia Digital, seperti membackup data, dan menjaga data sensitif seperti username dan password, dan lain-lain. Sebagai Warga Digital, kita harus berhati-hati dan menjaga informasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
KOMUNIKASI DARING
Salah satu bentuk komunikasi virtual adalah pada penggunaan Internet. Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti web, chatting (mIR chat, Yahoo Masanger, Gtalk, dll), e-mail, friendster, facebook dan twitter.
JENIS-JENIS KOMUNIKASI DARING :
1.DARING SINKRON
Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat seperti komputer, smartphone, dan sejenisnya yang terkoneksi dengan internet sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time).
2.DARING ASINKRON
Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.
KOMPONEN PENDUKUNG KOMUNIKASI DARING
- PERANGKAT KERAS (HARDWARE)
atau berbentuk nyata. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan
komunikasi daring adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung
lainnya.
- PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
- DAYA NALAR ATAU AKAL (BRAINWARE)
- SALURAN TRANSMIS (INTERNET)
KELEBIHAN KOMUNIKASI DARING
•Efisiensi waktu: komunikasi bisa dilakuakn dengan cepat tanpa membuang-buang waktu dengan melakukan perjalanan.
•Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya: sembari melakukan komunikasi dalam jaringan, kita bisa memanfaatkan layanan TIK lain untuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut. Contoh layanan yang bisa digunakan seperti presentasi, dokumen, dan berbagai layar.
•Meningkatkan intensitas berkomunikasi: komunikasi dalam jaringan internet mendorong yang yang terbiasa diam di dunia nyata menjadi aktif berkomunikasi di dunia maya.
•Meningkatkan partisipasi: karena terbukanya jalur komunikasi, maka semakin banyak pula orang yang bisa berpartisipasi dalam diskusi.
KELEMAHAN KOMUNIKASI DARING
•Membutuhkan perangkat khusus: dalam pelaksaannya, komunikasi membutuhkan adanya software dan hardware. •Tidak mewakili emosi pengguna: gerakan tubuh, raut muka, intonasi bicara, merupakan hal yang relatif sulit untuk dipahami.
•Banyak informasi yang tidak penting: seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak dan membuat bingung si penerima.
•Menyita konsentrasi: melakukan komunikasi dalam jaringan tidak pada tempat pada tempat dan waktu yang tepat, dapat mengabaikan atau menunda hal yang lain, bahkan membahayakan orang lain maupun diri sendiri.
MANFAAT KOMUNIKASI DARING
1.Sebagai sarana Komunikasi. 2.Sebagai sarana E-Commerce atau perdagangan online.
3.Sebagai sarana E-Learning.
4.Sebagai sarana E-Banking.
5.Sebagai Sarana Riset.
6.Mempermudah peserta didik dan guru dalam berinteraksi dan berkomunikasi.
7.Akses ke informasi yang berada di tempat yang jauh.
8.Media hiburan interaktif.
CONTOH KOMUNIKASI DARING
1.Text chat dan video call melalui Line. 2.Text chat dan video call melalui BBM.
3.Text chat dan video call melalui Whatsapp.
4.Video chat melalui Skype.
5.Text chat melalui Facebook.
6.Text chat melalui Messenger.
7.Video call dengan google+ hangout.
8.dan banyak lagi yang lainnya yang mungkin kamu gunakan juga.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
terima kasih. salam, diza aulia


0 komentar:
Posting Komentar